AREA VI PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK

Peningkatan kualitas pelayanan publik merupakan suatu upaya untuk meningkatan kualitas dan inovasi pelayanan publik sesuai kebutuhan dan harapan masyarakat.

Target yang akan dicapai :

1. Meningkatnya kualitas layanan publik (lebih cepat, murah, aman dan lebih mudah dijangkau)

2. Meningkatnya jumlah unit layanan yang memperoleh standarisasi layanan(layanan internasional)

3. Meningkatnya indeks kepuasan masyarakat terhadap penyelenggaraan pelayanan publik.

Atas dasar hal tersebut terdapat beberap indicator yang perlu dilakukan untuk menerapkan peningkatan kualitas pelayanan publik yaitu:

a) Standar pelayanan

1) Terdapat standar pelayanan

Menyusun standar pelayanan sesuai dengan peraturan menteri PAN RB nomor 15 2014.

2)  Standar pelayanan telah dimaklumatkan dengan cara:

a. Membuat standar maklumat layanan

b. Melakukan pemasangan maklumat standar pelayanan di tempat pelayanan

3) Terdapat SOP bagi pelaksanaan standar pelayanan

4) Melakukan reviu dan perbaikan atas standar layanan dan SOP.

Kegiatan kegiatan tersebut dilengkapi data dukung berupa: dokumen standar layanan, capture maklumat standar layanan di tempat layanan, dokumen SOP pelaksanaan standar layanan, dokumen reviu dan perbaikan atas standar layanan dan SOP.

b) Budaya pelayanan prima

1) Telah dilakukan sosialisasi upaya penerapan budaya pelayanan prima kepada pegawai

2) Telah dilakukan informasi tentang pelayanan mudah diakses melalui berbagai media, baik media cetak papan pengumuman, media social, website dll.

3) Telah terdapat sistem punishment(sanksi) dan reward(penghargaan) bagi pelaksana layanan serta memberikan kompensasi kepada penerima layanan bila layanan yang diberikan tidak sesuai standar

Kegiatan-kegiatan tersebut dilengkapi dengan data dukung berupa: dokumen sosialisasi pelayanan prima (undangan daftar hadi notulen foto sosialisasi capture sarana informasi layanan, sistem reward dan punishment), dokumen penghargaan bagi pegawai teladan dan dokumen hukuman disiplin sebagai punishment serta kompensasi kepada penerima layanan.

c) Sarana layanan terpadu/terintegrasi

1) Menyediakan layanan tepadu (pembayaran layanan melalui simponi aplikasi simari antara UPT dan mahkamah agung)

2) PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu) 

d) Terdapat inovasi dalam layanan

Kegiatan tersebut dilengkapi dengan data: Berupa capture aplikasi layanan terpadu dan foto PTSP, capture inovasi pada area layanan.

e) Penilaian kepuasan terhadap pelayanan

1) Untuk mengetahu tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan oleh unit layanan maka perlu melakukan survey kepuasan masyarakat(SKM setiap 6 bulan).

2) Hasil survey dipublikasikan secara terbuka kepada masyarakat melalui website, media social, dan banner/spanduk

3) Dilakukan tindak lanjut atas hasil survey kepuasan masyarakat dengan melakukan perbaikan layanan

Kegiatan-kegiatan tersebut diatas dilengkapi dengan data dukung: dokumen laporan survey, capture foto tentang pelaksanaan survey dan hasil survey, dokumen laporan perbaikan layanan sebagai tindak lanjut dari survey kepuasan masyarakat.

Adapun eviden untuk mencapai target-target tersebut adalah pergantian petugas, perbaikan telepon/adakan rapat pembahasan hasil survey masyarakat

NO

INDIKATOR KERJA

DOKUMEN PENDUKUNG WBK

1   

Standar Pelayanan   

1. Peraturan Bupati Grobogan Nomor : 46 Tahun 20016 Tentang Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit umum daerah Dr.R. Soedjati Soemodiardjo Purwodadi Kabupaten Grobogan  Tahun 2017-2021.
2. Keputusan Direktur RSUD Dr. R. Soedjati Soemodiardjo Purwodadi Kabupaten Grobogan Nomor : 445/0000/2018 Tentang Standar Pelayanan Pada RSUD Dr. R. Soedjati Soemodiardjo Purwodadi Kabupaten Grobogan.

Dokumen maklumat pelayanan RSUD Dr. R.Soedjati Soemodiardjo Purwodadi Grobogan, tanggal 01 Nopember 2016

1. SPO Pelayanan Keperawatan                                             

2. SPO manajemen penggunaan obat                                 

3. SPO pelayanan bedah dan anestesi                                      

4. SPO PONEK                                                                                  

5. SPO Pemeriksaan Laborat                                                    

6. SPO Pelayanan VCT dan CST                                                 

7. SPO Pelayanan Gizi                                                                     

8. SPO Pelayanan Hemodialisa                                                 

9. SPO Pelayanan kamar operasi                                            

10. SPO Pelayanan rawat jalan          

11.SPO Keperawatan revisi 2020    

1. SK. Direktur No.445/ 01045.1/ 2017, Tentang Prubahan Keputusan Direktur RSUD Dr.R. Soedjati Soemodiardjo No. 445/3804/2016, Tentang Penetapan Instalasi Di RSUD Dr.R.Soedjati.                                              

2. Daftar hadir proses review.                                                

3. foto dokumen rapat.                                                                

4. daftar SPO hasil review.                                                        

5. Perubahan kebijakan, instalasi PERISTI menjadi NEORISTI.                                                                                        

6.  Perubahan kebijakan IPSRS menjadi ISP dan Sanitasi.                                                                                            

7.  Perubahan unit laundry menjadi Instalasi Sentral Sterilisasi dan Sarana sandang.                                                  

8. perubahan instalasi Intensive Care Unit menjadi Instalasi.

2    

Budaya Pelayanan Prima    

1. Sosialisasi Pelayanan Prima bagi Karyawan Baru bulan Maret Tahun 2019.                                                      

2. Dokumen training terbaru : Pelatihan komunikasi efektif tahun 2020.                                                           

3. Sosialisasi Pelayanan Prima bagi Karyawan Baru Tahun 2020 dan 2021.                                                

Dapat diakses di                            

1.www.rsud.grobogan.go.id
2.Aplikasi Hi Dok untuk pelayanan pasien

1. Keputusan Direktur RSUD Dr R Soedjati S Purwodadi Kab Grobogan Nomor : 445/0801/2017 Tentang Perubahan Kedua atas Keputusan Direktur RSUD Dr R Soedjati S Purwodadi Kab Grobogan Nomor : 445/2113/2016 Tentang Indek Pembagian Jasa Pelayanan Pasien Jaminan Kesehatan Nasional dan selain Pasien Jaminan Kesehatan Nasional RSUD Dr R Soedjati S Purwodadi Kab Grobogan.               

2.Keputusan Direktur RSUD Dr R Soedjati S Purwodadi Kab Grobogan Nomor : 445/10104.1/2020 Tentang Kompensasi bila pelayanan tidak sesuai standar bagi penerima pelayanan di RSUD Dr.R. Soedjati

1. Billing sistem pembayaran biaya pelayanan rumah sakit 
2. Hi Dok

1. Billing sistem pembayaran biaya pelayanan rumah sakit 
2. Hi Dok                                                                                                

3. Pendaftaran program operasi online antar ruang                                                                                                     

4. Pengelolaan permintan barang online
5. Laporan online PPI                         

6. Hasil laborat RANAP terintegrasi

3  

 Penilaian kepuasan terhadap pelayanan  

1. Laporan tim indeks kepuasan masyarakat tahun 2016
2. Laporan tim indeks kepuasan masyarakat tahun 2017
3. Laporan tim indeks kepuasan masyarakat tahun 2018
4. Hasil IKM 2019                                         

5. Hasil IKM 2020

https://drive.google.com/drive/folders/18d2tCrhHIKdjhr-PUHAgyBWETcs19LZC?usp=sharing

RTL IKM Tahun 2018.                              

RTL IKM Tahun 2019.                              

RTL IKM Tahun 2020.