Manajemen Rumah Sakit Umum Daerah RSUD Dr. R. Soedjati Soemodiardjo Purwodadi menggelar acara public hearing dengan Forum Masyarakat Madani Peduli Kesehatan Ibu dan Anak (FMM KIA) Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah
Tema yang diangkat dalam acara yang digelar di ruang rapat Gedung D lantai 1 RSUD Dr. R. Soedjati Soemodiardjo Purwodadi ini membahas maklumat pelayanan di rumah sakit.
Sekretaris FMM KIA Kabupaten Grobogan, Badiatul Muchlisin Asti mengatakan, maklumat pelayanan merupakan janji pelayanan yang tertuang dalam pernyataan tertulis yang dibuat oleh penyedia layanan publik.
Berisi keseluruhan rincian kewajiban serta janji yang terdapat dalam standar pelayanan.
"Maklumat Pelayanan diamanatkan oleh UU Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik. Di mana dinyatakan bahwa penyelenggara berkewajiban menyusun dan menetapkan maklumat pelayanan sesuai dengan standar pelayanan sebagaimana dimaksud, " kata Badiatul dalam rilis yang diterima Tribun.
Menurut Badiatul, isi atau komponen maklumat pelayanan itu sendiri dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi masing-masing fasilitas pelayanan. Secara umum, maklumat pelayanan mencakup visi dan misi, standar pelayanan, etika pelayanan, hak dan kewajiban, umpan bali, serta mekanisme umpan balik.
Dalam standar pelayanan misalnya, fasilitas pelayanan harus menyebutkan standar pelayanan terkait dengan hasil dan manfaat yang diharapkan dari pelayanan. Seperti aksesibilitas, perlakuan yang sama, ketepatan waktu, jenis pelayanan, biaya pelayanan, jadwal pelayanan, lamanya pelayanan serta alur pelayanan.
Sehingga dengan adanya maklumat pelayanan tersebut, satu diantara manfaatnya masyarakat sebagai pengguna layanan dapat memperoleh informasi terkait kepastian pelayanan yang meliputi waktu, biaya, prosedur, dan cara pelayanan pada masing-masing fasilitas.
"Serta memperoleh informasi terkait hak dan kewajiban pengguna layanan, penyedia layanan dan stakeholders atau pemangku kepentingan lainnya dalam keseluruhan proses penyelenggaraan pelayanan
FMM KIA Kabupaten Grobogan mengepresiasi manajemen RSUD Dr. R. Soedjati Soemodiardjo Purwodadi yang telah memiliki iktikad baik untuk meningkatkan akuntabilitas publik pelayanannya melalui sosialisasi dan public hearing pembahasan maklumat pelayanan.
"Ini adalah awal yang baik bagi manajemen RSUD Dr. R. Soedjati Soemodiardjo Purwodadi dalam melakukan perbaikan kinerjanya dari waktu ke waktu, " tutur Badiatul.
Sementara itu Direktur RSUD Dr. R. Soedjati Soemodiardjo Purwodadi, dr Bambang Pujiyanto, menyampaikan, pihaknya terbuka atas setiap masukan dari masyarakat pengguna layanan terutama dari FMM KIA mensoal dengan layanan kesehatan di rumah sakit yang dipimpinnya.
"Sejauh ini kami telah berupaya melakukan perbaikan-perbaikan pelayanan namun masih banyak kendala yang dihadapi terutama terkait SDM. Kendala-kendala itu akan terus kami carikan jalan pemecahannya, " ungkap Bambang.
Usai melaksanakn acara public hearing mengenai maklumat pelayanan ini, pihaknya akan memperbaiki dan melengkapi kekurangan dalam maklumat pelayanan di RSUD Dr. R. Soedjati Soemodiardjo Purwodadi sesuai masukan-masukan dari peserta hearing.
" Setelah ini kami akan menggelar kembali pertemuan sampai maklumat pelayanan yang diharapkan dapat disepakati dan kemudian ditetapkan, " pungkas Bambang.
Caption : Manajemen Rumah Sakit Umum Daerah RSUD Dr. R. Soedjati Soemodiardjo Purwodadi menggelar acara public hearing dengan Forum Masyarakat Madani Peduli Kesehatan Ibu dan Anak (FMM KIA) Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, di ruang rapat Gedung D lantai 1 RSUD Dr. R. Soedjati Soemodiardjo Purwodadi