AREA III PENATAAN SISTEM MANAJEMEN SDM
Penataan sistem manajemen SDM di lingkungan RSUD Dr R Soedjati Soemodiardjo bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme SDM RSUD Dr R Soedjati Soemodiardjo menuju WBK.
Target yang ingin dicapai dalam Area III ini adalah:
- Meningkatnya ketaatan terhadap pengelolaan SDM di lingkungan RSUD Dr R Soedjati Soemodiardjo pada masing-masing unit kerja pembangunan Zona Integritas menuju WBK.
- Meningkatnya transparansi dan akuntabilitas pengelolaan SDM dilingkungan RSUD Dr R Soedjati Soemodiardjo menuju WBK.
- Meningkatnya disiplin, efektivitas dan profesionalitas SDM dilingkungan RSUD Dr R Soedjati Soemodiardjo.
Untuk mencapai target tersebut terdapat beberapa indikator yang perlu dilakukan dengan menerapkan sistem manajemen SDM di RSUD Dr R Soedjati Soemodiardjo dengan kegiatan sebagai berikut :
1. Perencanaan kebutuhan pegawai sesuai dengan kebutuhan organisasi dengan:
- Melakukan Analisis Beban Kerja melalui rapat kebutuhan pegawai berdasarkan peta jabatan, mengusulkan kebutuhan
pegawai berdasarkan peta jabatan dan ABK.
Kegiatan tersebut undangan, notulen, daftar hadir, foto rapat, dokumen kebutuhan pegawai, peta jabatan, ABK,
surat usulan kebutuhan pegawai.
- Penempatan pegawai yang mengacu pada kebutuhan pegawai, menempatkan pegawai hasil rekrutment berdasarkan
usulan kebutuhan pegawai yang disetujui Kementrian PAN RB.
- Pola mutasi internal.
A. Dalam melakukan pengembangan karir pegawai telah dilakukan mutasi pegawai antar jabatan. Indikator yang dapat
dilakukan adalah kegiatan rapat pimpinan dalam rangka mutasi antar jabatan yang mengacu pada pengembangan
karier pegawai.
Kegiatan tersebut dilengkapi dengan data dukung: undangan, notulen, daftar hadir, foto rapat mutasi internal SK mutasi,
daftar riwayat pekerjaan dan daftar riwayat hidup.
B. Dalam melakukan mutasi pegawai antar jabatan telah memperhatikan kompetensi jabatan dan mengikuti pola mutasi
yang telah ditetapkan dengan mengacu kepada kompetensi jabatan.
Kegiatan tersebut dilengkapi dengan data dukung: undangan, notulen, daftar hadir, daftar riwayat pendidikan,
dan diklat dari pegawai yang dilakukan mutasi.
C. Monitoring dan evaluasi terhadap kegiatan mutasi yang bertujuan untuk perbaikan kinerja: melaksanakan monitoring
dan evaluasi terhadap kegiatan mutasi. Yang dilakukan dalam kaitannya dengan perbaikan kinerja, membuat laporan
monitoring dan evaluasi terhadap kegiatan mutasi.
Kegiatan tersebut dilengkapi dengan data dukung : Dokumen monitoring dan evaluasi yang berkaitan
dengan perbaikan kinerja.
D. Pengembangan berbasis kompetensi.
a) Unit kerja melakukan kebutuhan pegawai untuk pengembangan kompetensi Melaksanakan rapat penyusunan
analisis kebutuhan pengembangan pegawai.
Kegiatan tersebut dilengkapi dengan data dukung: undangan, notulen, daftar hadir rapat, foto-foto,
dokumen analisis kebutuhan pengembangan pegawai.
b) Dalam penyusunan rencana pengembangan kompetensi pegawai harus mempertimbangkan:
hasil pengelolaan kinerja pegawai, penilaian SKP.
Kegiatan tersebut dilengkapi dengan data dukung: Undangan, notulen, daftar hadir, foto,
dokumen rencana pengembangan dokumen kompetensi pegawai berdasarkan SKP.
c) Mengetahui presentasi kesenjangan kompetensi pegawai yang ada dengan standar kompetensi yang
ditetapkan untuk masing-masing jabatan.
d) Pegawai di RSUD Dr R Soedjati Soemodiardjo dipastikan telah memperoleh kesempatan/hak untuk
mengikuti diklat kompetensi lainnya. Dengan menginformasikan permintaan untuk mengikuti diklat.
Kegiatan tersebut dilengkapi dengan data dukung: surat kepada pegawai yang bersangkutan perihal
kesempatan mengikuti diklat/pengembangan kompetensi lainnya.
e) Dalam pelaksanaan pengembangan kompetensi unit kerja telah melakukan upaya pengembangan kompetensi
kepada pegawai dengan mengikut sertakan pada lembaga pelatihan, training, coaching, mentoring.
Kegiatan tersebut dilengkapi dengan data dukung: surat usulan pegawai yang akan mengikuti diklat,
daftar pegawai yang telah mengikuti diklat.
f) Monitoring dan evaluasi terhadap hasil pengembangan pegawai meliputi kegiatan: melakukan monitoring dan evaluasi
serta membuat laporan terhadap hasil pengembangan kompetensi dalam rangka perbaikan kinerja.
Kegiata tersebut dilengkapi dengan dokumen laporan hasil monitoring dan hasil evaluasi.
g) Penetapan kinerja individu:
1. Telah memiliki sistem penilaian kerja individu dan penilaian prestasi kerja bagi RSUD Dr R Soedjati Soemodiardjo.
Indikatornya : menetapkan sasaran kinerja pegawai (SKP) pada awal tahun melalui aplikasi SIKEP,
menetapkan unit kerja(perjanjian kinerja/PK) pada awal tahun
Kegiatan tersebut dilengkapi dengan data dukung berupa: SKP yang telah disetujui dan ditanda tangai oleh
atas langsungnya, dokumen perjanjian kinerja yagn disetui atau ditanda tangani oleh atasan.
2. Ukuran kinerja individu telah memiliki kesesuaian dengan indicator kinerja individu level diatasnya,
menyiapkan dokumen SKP berjenjang.
Kegiatan tersebut dilengkapi dengan data dukung: Dokumen SKP berjenjang.
3. Telah melakukan pengukuran individu secara periodic
4. Hasil penilaian kinerja individu dijadikan dasar untuk pemberian reward/pengembangan karier
dan penghargaan. Meliputi kegiatan:
a. Mengadakan rapat pemberian reward/penghargaan pegawai teladan berdasarkan
penilaian kerja individu.
b. Membuat surat keputusan pemberian reward berdasarkan penilaian kerja individu.
Kegiatan tersebut dilengkapi dengan data pendukung undangan, notulen, daftar, hadir, foto rapat,
Surat Keputusan (SK) pemberian reward berdasarkan hasil penilaian kinerja individu.
h) Penegakan aturan disiplin/kode etik/kode prilaku/pedoman warga peradilan.
Aturan disiplin/kode etik telah dilaksanakan/telah diimplementasikan dengan kegiatan: melakukan sosialisasi
aturan disiplin pegawai, menerapkan kewajiban pelaksanaan disiplin dengan cara berpakaian dinas
sesuai aturan, ketepatan jam kerja, pelaksanaan apel senin pagi dan jumat sore, penegakan hukuman
disiplin atas pelanggaran aturan disiplin.
Kegiatan tersebut dilengkapi dengan data pendukung: dokumen sosialisasi, dokumen penerapan disiplin
(foto dan daftar absensi), dokumen penegakan hukuman disiplin.
i) Sistem informasi personil.
1. Data informasi kepegawaian telah di mutakhirkan secara berkala
2. Adanya laporan hasil pemutakhiran data pegawai secara bulanan melalui aplikasi SIKEP.
Kegiatan tersebut dilengkapi dengan data dukung: laporan hasil pemutakhiran data pegawai secara bulanan
melalui aplikasi SIKEP, update data sendiri oleh setiap pegawai, pindah data jabatan oleh setiap pegawai.
Adapun eviden untuk mencapai target-target adalah sebagai berikut :
NO
|
INDIKATOR KERJA
|
DOKUMEN PENDUKUNG WBK
|
1
|
Perencanaan kebutuhan pegawai sesuai dengan kebutuhan organisasi
|
1. Usulan kebutuhan SDM dari Unit kerja, Rapat Perencanaan SDM tahun 2020
2. SK Direktur 445/5052.1/2019 Perencanaan SDM tahun 2020
3. Hasil Anjab di Lingkungan Pemkab Grobogan (SK Bupati Grobogan Nomor : 061/581/2018)
4. Proyeksi Kebutuhan Pegawai 5 Tahun kedepan (Feb 2020)
5. e-formasi 2020
6.Keputusan Bupati Grobogan Nomor : 061/224/2020 Penetapan Hasil analisis
Jabatan dan Analisis Beban Kerja di Lingkungan Pemkab Grobogan
7. Perencanaan SDM tahun 2021
8. Usulan dari Unit perencanaan SDM tahun 2021
|
1. Hasil Anjab di Lingkungan Pemkab Grobogan (SK Bupati Grobogan Nomor : 061/581/2018) 2. Evaluasi Jabatan Lingkungan RSUD tahun 2020 ( Peta jabatan terlampir) dan Panduan Pola
Ketenagaan tahun 2019 3. Jenis Jabatan Struktural, Jabatan Fungsional Umum dan Jabatan Fungsional Tertentu
dilingkungan Pemerintah Kabupaten Grobogan (SK Bupati 069/765/2013) 4. Proyeksi Kebutuhan Pegawai 5 Tahun kedepan (Feb 2020) 5. Pedoman Pengorganisasian RSUD Dr. R. Soedjati Purwodadi tahun 2020
6. Data SDM Kesehatan RSUD Bulan Juli 2020
7. Keputusan Bupati Grobogan Nomor : 061/224/2020 Penetapan Hasil analisis Jabatan
dan Analisis Beban Kerja di Lingkungan Pemkab Grobogan
8. Perencanaan SDM tahun 2021
9. Usulan dari Unit perencanaan SDM tahun 2021
|
1. Hasil Anjab di Lingkungan Pemkab Grobogan (SK Bupati Grobogan Nomor : 061/581/2018) 2. Evaluasi Jabatan Lingkungan RSUD tahun 2020 ( Peta jabatan terlampir) dan Panduan Pola
Ketenagaan tahun 2019 3. Jenis Jabatan Struktural, Jabatan Fungsional Umum dan Jabatan Fungsional Tertentu
dilingkungan Pemerintah Kabupaten Grobogan (SK Bupati 069/765/2013) 4. Proyeksi Kebutuhan Pegawai 5 Tahun kedepan (Feb 2020) 5. Pedoman Pengorganisasian RSUD Dr. R. Soedjati Purwodadi tahun 2020 (Uraian Jabatan)
6. Data SDM Kesehatan RSUD Bulan Juli 2020
7. Keputusan Bupati Grobogan Nomor : 061/224/2020 Penetapan
Hasil analisis Jabatan dan Analisis Beban Kerja di Lingkungan Pemkab Grobogan
8. Penilaian kinerja poegawai tahun 2020 dan pegawai baru CPNS tahun 2021
9. Evaluasi Pola Jabatan tahun 2021
|
2
|
Pola Mutasi Internal
|
1. Hasil Anjab di Lingkungan Pemkab Grobogan (SK Bupati Grobogan Nomor : 061/581/2018) 2. Evaluasi Jabatan Lingkungan RSUD tahun 2020 ( Peta jabatan terlampir) dan
Panduan Pola Ketenagaan tahun 2019 3. Jenis Jabatan Struktural, Jabatan Fungsional Umum dan Jabatan Fungsional Tertentu
dilingkungan Pemerintah Kabupaten Grobogan (SK Bupati 069/765/2013) 4. Pedoman Pengorganisasian RSUD Dr. R. Soedjati Purwodadi tahun 2020 (Uraian Jabatan)
5. Dokumen Mutasi berdasarkan kompetensi
6. Penilaian kinerja staf klinis untuk perpanjangan kontrak
|
3
|
Pengembangan pegawai berbasis kompetensi
|
1. Surat Keputusan Direktur RSUD Dr.R. Soedjati Soemodiardjo Purwodadi
Kabupaten Grobogan nomor: 445 / 5120.1 /2019 tanggal 30 Desember 2019
tentang Kebijakan Pendidikan dan Pelatihan tahun 2020 bagi Pegawai
RSUD Dr.R. Soedjati Soemodiardjo Purwodadi Kabupaten Grobogan 2. Program Kerja Diklat RSUD Dr.R. Soedjati Soemodiardjo Purwodadi Kabupaten Grobogan Tahun 2020; 3. Dokumen usulan pendidikan dan pelatihan dari bidang/bagian/instalasi tahun 2020 4. Dokumen pelaksanaan pendidikan dan pelatihan tahun2018, 2019,2020 dan 2021 s.d Mei
5. Dokumen usulan pendidikan dan pelatihan dari bidang/bagian/instalasi tahun 2021
6.Program Kerja Diklat RSUD Dr.R. Soedjati Soemodiardjo Purwodadi Kabupaten Grobogan Tahun 2021
|
1. Surat Keputusan Direktur RSUD Dr.R. Soedjati Soemodiardjo Purwodadi
Kabupaten Grobogan nomor: 445 / 5120.1 /2019 tanggal 30 Desember 2019 tentang Kebijakan
Pendidikan dan Pelatihan tahun 2020 bagi PegawaiRSUD Dr.R. Soedjati Soemodiardjo
Purwodadi Kabupaten Grobogan 2. Program Kerja Diklat RSUD Dr.R. Soedjati Soemodiardjo Purwodadi Kabupaten Grobogan Tahun 2020; 3. Dokumen usulan pendidikan dan pelatihan dari bidang/bagian/instalasi tahun 2020 4. Dokumen pelaksanaan pendidikan dan pelatihan tahun2018, 2019,2020 dan tahun 2021 bulan Mei
5. Program Kerja Diklat RSUD Dr.R. Soedjati Soemodiardjo Purwodadi Kabupaten Grobogan Tahun 2021
|
1. Surat Keputusan Direktur RSUD Dr.R. Soedjati Soemodiardjo Purwodadi Kabupaten Grobogan
nomor: 445 / 5120.1 /2019 tanggal 30 Desember 2019 tentang Kebijakan Pendidikan dan Pelatihan
tahun 2020 bagi PegawaiRSUD Dr.R. Soedjati Soemodiardjo Purwodadi Kabupaten Grobogan 2. Program Kerja Diklat RSUD Dr.R. Soedjati Soemodiardjo Purwodadi Kabupaten Grobogan Tahun 2020 3. Dokumen usulan pendidikan dan pelatihan dari bidang/bagian/instalasi tahun 2020 4. Dokumen pelaksanaan pendidikan dan pelatihan tahun2018, 2019,2020 dan 2021 s.d bulan Mei
|
1. Surat Keputusan Direktur RSUD Dr.R. Soedjati Soemodiardjo Purwodadi Kabupaten Grobogan
nomor: 445 / 5120.1 /2019 tanggal 30 Desember 2019 tentang Kebijakan Pendidikan dan Pelatihan
tahun 2020 bagi PegawaiRSUD Dr.R. Soedjati Soemodiardjo Purwodadi Kabupaten Grobogan 2. Program Kerja Diklat RSUD Dr.R. Soedjati Soemodiardjo Purwodadi Kabupaten Grobogan Tahun 2020; 3. Dokumen usulan pendidikan dan pelatihan dari bidang/bagian/instalasi tahun 2020 4. Dokumen pelaksanaan pendidikan dan pelatihan tahun 2018, 2019,2020 dan 2021 s.d bulan Mei
5. Program Kerja Diklat RSUD Dr.R. Soedjati Soemodiardjo Purwodadi Kabupaten Grobogan Tahun 2021
|
1. Dokumen pelaksanaan pendidikan dan pelatihan dari unit : Komunikasi Efektif, APAR, PPI Dasar,
PPRA, Cuci tangan 6 langkah
2. Pelatihan BHD bagi semua pegawai RSUD Dr.R. soedjati tahun 2021
3. Program Kerja Diklat RSUD Dr.R. Soedjati Soemodiardjo Purwodadi Kabupaten Grobogan Tahun 2021
|
1. Dokumen Evaluasi hasil Diklat setiap tahun
2. Penilaian staf klinis secara berkala
3. Penilaian pegawai baru 2021 (3 bln)
|
4
|
Penetapan kerja individu
|
1. Dokumen Sasaran Kerja Pegawai (SKP); 2. Hasil Evaluasi Penilaian Kinerja Pegawai Non PNS/ untuk perjanjian kontrak
3. Perjanjian kontrak klinis dokter
4. SK Direktur 445/1487.1/02020 tentang Pedoman Pengorganisasian (Uraian Jabatan)
5.Dokumen Sasaran Kerja Pegawai (SKP) tahun 2020 terbaru; 6. Hasil Evaluasi Penilaian Kinerja Pegawai Non PNS/ untuk perjanjian kontrak tahun 2020;
|
1. Dokumen Rekapitulasi E Presensi dalam tingkat kehadiran per bulan . 2. Dokumen Sasaran Kerja Pegawai (SKP); 3. Hasil Evaluasi Penilaian Kinerja Pegawai Non PNS;
4. Evaluasi Staf Klinis secara berkala
5. SK pengorganisasian (uraian Jabatan)
6. Dokumen Presensi berbasis android (simpel-g)
7. Dokumen penilaiana Pegawai terbaru dan SKP 2020
|
1. Dokumen logbook/catatan pelaksanaan kegiatan per hari tiap unit tahun 2021 . 2. Evaluasi staf klinis dan non klinis baru setelah 3 bulan
3. Dokumen Sasaran Kerja Pegawai (SKP); 4. Indek Pembagian Jasa Pelayanan Pasien JKN dan selain JKN RSUD
5. Dokumen usulan indek dari masing-,masing bagian/bidang setiap bulan
6. Hasil Evaluasi Penilaian Kinerja Pegawai Non PNS
7.Dokumen logbook/catatan pelaksanaan kegiatan per hari tiap unit
8. Evaluasi Pegawai baru/CPNS setelah 3 bulan tahun 2021
|
1. Dokumen logbook/catatan pelaksanaan kegiatan per hari tiap unit . 2. Evaluasi staf klinis dan non klinis baru setelah 3 bulan;
3. Dokumen Sasaran Kerja Pegawai (SKP); 4. Indek Pembagian Jasa Pelayanan Pasien JKN dan selain JKN RSUD
5. Dokumen usulan indek dari masing-,masing bagian/bidang setiap
6. Hasil Evaluasi Penilaian Kinerja Pegawai Non PNS.
|
5
|
Penegakan aturan disiplin/kode etik/kode perilaku pegawai
|
1. Dokumen pembinaan terhadap pelanggaran aturan disiplin pegawai ;
2. Peraturan RSUD (SK Direktur Nomor : 445/0013.1/2018)
3. Kode Etik Pegawai RSUD (SK Direktur Nomor : 445/0011.1/2018)
4. Monev Penegakan aturan disiplin dan etik pegawai
5. Dokumen pembinaan dan MONEV penegakan aturan etik pegawai tahun 2021
|
6
|
Sistem informasi kepegawaian
|
1. Data SDM RSUD Bulan Juli 2020
2. Update Aplikasi si-SDMK
3. e-formasi 2020
4. Data SDM RSUD Mei 2021
5. SIPP ASN 2021
|